Model Pembelajaran ini pertama kali saya dapatkan saat mengikuti kegiatan Pelatihan IN Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Padang pada tahun 2016. Model ini menurut saya sangat menyenangkan karena siswa akan aktif saat KBM berlangsung. karena seperti namanya, siswa akan berjalan dari 1 tempat ke tempat lainnya untuk melihat hasil pameran dan persentasi teman lainnya.
Adapun langkah-langkah model pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut :
- Siswa dibuat menjadi beberapa kelompok
- Guru mebagikan soal yang berbeda kepada tiap-tiap kelompok.Soal diusahakan merupakan soal pemecahan masalah. Agar lebih adil pemberian soal dengan cara diundi.
- Secara berkelompok siswa mengerjakan soal yang telah diberikan guru. Hasil penyelesaian soal ditulis dalam selembar kertas manila atau sejenisnya. Dalam kegiatan ini guru memberikan bimbingan seperlunya.
- Hasil pekerjaan tiap kelompok kemudian di pajang di dinding sekitar kelas. Kegiatan inilah yang diumpamakan membuka toko di Mal. Tentu saja dengan penyelesaian soal sebagai pajangannya.
- Dilakukan pembagian tugas tiap kelompok. Ada anggota kelompok yang bertugas menjaga toko dan yang lainnya berjalan-jalan untuk mengunjungi toko kelompok lain.
- Siswa sebagai penjaga toko diharapakan mampu memberi penjelasan kepada anggota kelompok lain yang membutuhkan penjelasan terkait penyelesaian yang dipajang. Untuk itu dianjurkan memilih penjaga yang mampu berkomunikasi dengan baik dan memahami hasil pekerjaan kelompok. Pada kegiatan inilah munculnya aktifitas tutor sebaya.
- Bagi anggota kelompok yang betugas berkunjung pada kelompok lain di samping berhak menadapat penjelasan juga berhak memberi masukkan dan koreksi terhadap pekerjaan kelompok yang dikunjunginya dengan menuliskannya di lembar pekerjaan kelompok tersebut.Kelompok yang berkunjung mencatat pekerjaan kelompok yang dikunjungi.
- Setelah waktu yang telah ditentukan selesai, masing-masing anggota yang berkeliling kembali ke kelompok asal.
- Setelah kembali anggota kelompok bertukar informasi berdasarkan hasil kunjungan yang telah dilakukan.
- Selanjutnya guru berkeliling untuk mengecek hasil pekerjaan dan melihat hal-hal yangperlu diperbaiki dan memberikan komentar terhadap hasil pekerjaan tiap-tiap kelompok.
- Guru melakukan konfirmasi berupa umpan balik dan koreksi terhadap pekrjaan tiap-tipa kelompok secara klasikal.
- Untuk mengetahuipemahaman siswa dilakukan kuis secara individu dengan soal yang tipenya sama dengan soal yang telah dikerjakan oleh semua kelompok.
Saya sudah mencoba model pembelajaran ini. Siswa sangat antusias dalam melakukan kegiatan ini. Dari kegiatan ini muncul siswa-siswayang berbakat menjadi guru. Hal ini dapat dilihat dari cara siswa tersebut dalam menjelaskan hasil kerja kelompoknya kepada siswa yang bertanya. Kesabaran siswa yang bertugas menjaga “toko” juga diuji terhadap pertanyaan teman-temannya yang hanya ingin sekedarmengetes kemampuan penjaga.
0 komentar:
Posting Komentar